Follow Us @soratemplates

Jumat, 18 November 2016

Komunikasi Antara Pemilik Rumah Rajut Dengan Para Pekerja

Hari, tanggal   : Sabtu, 12 November 2016
Lokasi              : Bandung

1.      Dimensi isi
Dimensi isi adalah bagaimana pesan baik secara verbal ataupun non-verbal di sampaikan. Menurut saya, pesan yang disampaikan antara pemilik Rumah Rajut dengan para pekerjanya sangat baik. Sehinga meminimalisir miss komunikasi antara pemilik dengan para pekerjanya. Pesan yang disampaikan oleh pemilik dapat diterima secara utuh oleh para pekerjanya. Secara non-verbal pun, pemilik menggunakan komunikasi non-verbal ketika ada kesalahan dari para pekerjanya. Namun itu tidak berlangsung lama.

2.      Dimensi Kebisingan
Dimensi kebisingan yang terjadi di lingkungan Rumah Rajut sendiri tidak begitu berpengaruh kepada proses penyampaian pesan. Di dalam rumah produksi Rumah Rajut pun, hanya ditemukan kebisingan di level Study state – narrow band noise di tempat pekerja bekerja. Hal itu di hasilkan oleh benda-benda seperti kipas angin, dan suara mesin rajut yang sedang mengrajut sweater yang masih dalam tahap produksi.

3.      Dimensi Jaringan
Pemilik dari Rumah Rajut sendiri tidak hanya berbicara mengenai hal-hal tentang pekerjaan saja. Tetapi, apabila pekerjanya ada masalah yang di tampilkan oleh bahasa tubuh atau non-verbal, pemilik pun mengambil tindakan dengan cara mendengarkan apa masalahnya. Pemilik beranggapan, apabila pekerjanya ada masalah yang dia simpan sendiri, itu akan mempengaruhi proses produksi, dan akan berdampak kepada keseluruhannya. Maka dari itu, pemilik siap mendengarkan keluh kesah dari para pekerjanya yang mayoritas berasal dari kalangan wanita.

4.      Dimensi Arah
Menurut saya, proses komunikasi yang berjalan di Rumah Rajut ini bersifat dua arah. Dikarenakan pemilik tak sugnkan-sungkan menerima masukan dari para pekerjanya sepanjang itu membantu kinerja dari Rumah Rajut itu sendiri. Pemilik beranggapan bahwa, semakin banyak masukkan akan semakin baik untuk Rumah Rajut di kemudian hari. Sehingga, masukkan dari para pekerjanya dia tampung untuk menjadikan Rumah Rajut menjadi lebih baik. Lebih baik dari segi kualitas produk, maupun dari segi kualitas pelayanannya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar